Blogger Indonesia

Jumat, 27 Maret 2020

Inilah Dampak Sering Mimpi Buruk Bagi Kesehatan dan Cara Mengatasinya


Inilah Dampak Sering Mimpi Buruk Bagi Kesehatan dan Cara Mengatasinya

Mimpi buruk bisa menyerang siapa saja ketika sedang tidur. Biasanya hal ini terjadi ketika seseorang sedang mengalami depresi, banyak pikiran, dan sedang tidak enak badan. Jika kondisi ini terjadi sekali dua kali dan akan menghilang dengan sendirinya, maka mimpi yang buruk tersebut bisa dikatakan normal saja. Namun jika Anda mengalaminya hampir terlalu sering sehingga mampu menyebabkan rasa takut untuk tidur bahkan tidak bisa tidur dengan tenang, sebaiknya perlu di periksakan ke dokter.

Karena dari beberapa kasus, mengalami mimpi yang buruk secara terus menerus bisa menjadi indikasi kesehatan memang sedang terganggu. Adapun beberapa penyebab seseorang mengalami mimpi yang buruk, antara lain depresi, kurang tidur, gangguan kecemasan, post traumatic stress disorder (PTSD), pengaruh dari obat-obatan tertentu. Kondisi sering mengalami mimpi yang buruk ini sebaiknya tidak dianggap remeh karena bisa mempengaruhi kesehatan.

Beberapa dampak yang akan mempengaruhi kesehatan karena sering mengalami mimpi menakutkan setiap hari, antara lain:

1. Sering merasa mengantuk ketika siang hari.
2. Gangguan suasana hati
3. Merasakan takut atau susah untuk tidur karena tidak ingin bermimpi menakutkan kembali.
4. Untuk beberapa kasus ada yang bisa memicu keinginan untuk bunuh diri.

Tak jarang tidur yang terganggu karena mimpi yang buruk sangat erat kaitannya dengan kondisi psikologis seseorang. Sehingga penyembuhan yang dilakukan perlu menggunakan bantuan psikolog atau psikiater jika mimpi menakutkan tersebut terjadi terlalu sering dan berulang-ulang. Agar kondisi ini tidak berlarut-larut dan mengganggu kesehatan di kemudian hari, perlu upaya penanganan yang harus dilakukan, antara lain:

1. Mengubah dosis obat resep

Untuk kondisi bermimpi buruk yang terjadi karena efek samping dari mengkonsumsi obat-obatan tertentu, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter kembali agar dilakukan perubahan dosis obat yang dikonsumsi tersebut. Selain itu bisa juga dengan meminta penggantian obat dengan resep yang tepat.

2. Melakukan terapi perilaku kognitif

Hampir sebagian besar kasus seseorang mengalami mimpi yang buruk dikarenakan mengalami depresi ataupun gangguan kecemasan. Melakukan terapi kognitif menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu penderita pulih kondisinya dan tidur juga menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

3. Mengurangi atau menghindari kegiatan yang bisa memicu stress

Kondisi stress karena terlalu banyak pikiran tak jarang menjadi penyebab seseorang bermimpi buruk. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kurangi atau hindari kegiatan yang mampu memicu kondisi stress. Jikapun mengalami stress untuk rutinitas yang setiap hari dikerjakan, seperti bekerja, maka luangkan waktu di sela-sela kegiatan untuk istirahat atau refreshing sejenak. Kelola stress dengan baik agar tidak mengganggu tidur Anda di malam hari.

4. Berolahraga secara teratur

Melakukan gaya hidup sehat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mimpi yang buruk terus-menerus. Dengan melakukan olahraga secara teratur dan melakukan pola tidur yang sama setiap harinya bisa membantu mengurangi rasa cemas dan stress berlebihan. Anda juga bisa mulai mengurangi konsumsi kafein, alkohol, dan nikotin karena bisa mengganggu rutinitas dan kualitas tidur. Anda juga bisa menciptakan suasana yang nyaman pada kamar tidur, seperti dengan meredupkan lampu kamar, menambahkan aroma terapi untuk menciptakan rasa tenang dan rileks, dll sehingga saat tidur bisa menjadi lebih nyenyak.

Itu tadi beberapa dampak kesehatan dari mimpi buruk dan cara mengatasinya. Yang mana memang tidak bisa kita anggap remeh dan perlu dicarikan solusi penyembuhannya jika terjadi secara berulang-ulang. Karena pada beberapa kasus karena tidak tahan mengalami kondisi ini, akhirnya timbul keinginan untuk mengakhiri hidup atau bunuh diri. Tentu hal ini bisa dikatakan sangat fatal bisa dilakukan.






Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML