Blogger Indonesia

Senin, 25 November 2019

Pilihan Jurusan Yang Berhubungan Dengan Kimia, Mana Favoritmu?

Pilihan Jurusan Yang Berhubungan Dengan Kimia, Mana Favoritmu?
Sumber gambar : pixabay

Kimia merupakan salah satu cabang ilmu IPA, masuk kategori jurusan yang ditakuti oleh siswa SMA karena materinya yang sulit dipahami. Meski begitu, bukan berarti peminat jurusan ini sedikit. Hal ini terbukti dengan cukup banyaknya mahasiswa yang memilih yang masuk jurusan kimia saat memasuki jenjang perkuliahan.

Hampir di semua Universitas terkemuka menyediakan jurusan satu ini, sehingga jurusan satu ini sangat mudah untuk ditemukan di wilayah manapun di Indonesia. Mungkin kamu juga bisa menemukan kuliah kelas karyawan untuk cabang ilmu satu ini. Senang melakukan berbagai percobaan kimia? ini beberapa rekomendasi jurusan yang berhubungan dengan kimia, diantaranya:

Jurusan Farmasi

Jurusan yang berkaitan dengan ilmu kedokteran dan kimia, namun lebih memfokuskan penyembuhan melalui obat-obatan kimia. Jurusan yang satu ini mempelajari pembuatan obat, ramuan tradisional, farmasetika, dan lainnya.

Di Indonesia sendiri jurusan satu ini dibagi menjadi 3 bagian, yakni farmasi klinik dan komunitas, farmasi riset dan penelitian, serta farmasi obat alam. Prospek kerja jurusan ini tentu sangat luas, pasalnya semua industri farmasi di Indonesia membutuhkan alumni jurusan satu ini.

Jurusan Biokimia

Mungkin cukup sulit mencari kuliah blended learning di jurusan ini, pasalnya sedikit universitas yang membuka jenis jurusan satu ini. Jurusan Biokimia merupakan salah satu cabang dari ilmu kimia, ilmu yang mempelajari tentang proses kimiawi makhluk hidup (seperti genetika, metabolisme, sirkulasi, dan lainnya yang berhubungan). Jurusan ini juga mempelajari tentang materi biokimia, seperti karbohidrat, protein, DNA, lipid, RNA, plasmid, polimer & monomer, dan sebagainya.

Untuk prospek kerjanya sendiri, alumni jurusan biokimia memiliki prospek yang hampir sama dengan alumni kimia murni. Orang yang ahli dalam biokimia bisa masuk ke dalam berbagai industri, seperti perkebunan, kehutanan, peternakan, pertanian, dan lainnya (untuk profesi analis laboratorium maupun formulator).

Jurusan Kimia (ilmu murni)

Jurusan kimia berada di bawah naungan fakultas MIPA, pembelajarannya tidak jauh dengan jurusan MIPA lainnya. Pembelajaran yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan ilmu kimia dan kemajuan masa depan, kegiatan pembelajarannya meliputi kimia organik, anorganik, manajemen laboratorium, biokimia, dan lainnya.

Prospek kerja untuk jurusan satu ini, alumni bisa menjadi seorang peneliti di berbagai instansi pemerintah maupun swasta termasuk di dalamnya lembaga asing. Selain itu alumni juga bisa bekerja di laboratorium, industri makanan, farmasi, tekstil, obat-obatan, Petrokimia, dan lainnya. Selain itu, alumni jurusan kimia bisa juga menjadi seorang pengajar (dosen maupun guru di sekolah).

Jurusan Teknik Kimia

Teknik Kimia merupakan jurusan yang mempelajari tentang proses proses kimia dan fisika, penerapannya sendiri di bidang industri untuk pengolahan bahan mentah menjadi bahan jadi atau setengah jadi. Di jurusan ini mahasiswa akan belajar tentang termodinamika, mesin-mesin produksi, teori ekonomi, proses kimia, dan lainnya yang berhubungan.

Dilihat dari prospek kerjanya, alumni Teknik Kimia bisa bekerja di berbagai industri kimia seperti di industri pemerintahan (utamanya departemen perindustrian). Bagi yang sedang mencari kuliah kelas karyawan di jurusan ini, informasi lengkapnya bisa dicari lewat situs web resmi universitas yang diincar.

Jurusan Ilmu Gizi

Jurusan ilmu gizi merupakan ilmu yang mempelajari tentang hubungan makanan dengan kesehatan tubuh, selain itu juga masih akan belajar berbagai faktor penyebabnya. Ilmu gizi merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang kandungan makanan dan fungsinya untuk tubuh, mulai dari karbohidrat, mineral, lemak, air, protein, dan lainnya yang berhubungan. Jurusan satu ini memiliki beberapa cabang, mulai dari gizi masyarakat, teknologi pangan, dan gizi kesehatan.

Dilihat dari prospek kerjanya, alumni jurusan ilmu gizi memiliki prospek yang luas. Sarjana gizi (S. Gz.) bisa bekerja sebagai konsultan gizi, ahli gizi di rumah sakit, ahli nutrisi, ahli gizi, dan profesi lainnya yang berhubungan dengan industri pangan dan kesehatan. Karyawan yang ingin kuliah blended learning di jurusan ini bisa mencari informasinya langsung melalui website resmi universitas yang diincar.

Jurusan Teknologi Pangan

Jurusan teknologi pangan merupakan bidang yang mempelajari pengolahan makanan dari bahan mentah, yakni dari hasil pertanian dan peternakan hingga produk tersebut sampai ke tangan konsumen. Mahasiswa jurusan ini akan banyak mempelajari tentang keamanan pangan, teknik pangan, mikrobiologi pangan, sehingga pengembangan produk makanan.

Alumni jurusan ini bisa bekerja di berbagai industri yang menyangkut makanan (utamanya sebagai kontrol mutu, QC, pengembangan produk, QA, manajer produk, dan lainnya).

Selain berbagai nama jurusan di atas, jurusan Teknik nuklir juga masuk kategori jurusan yang berhubungan dengan kimia (lebih tepatnya Kimia Fisika). Hanya saja untuk jurusan satu ini masuk kategori jurusan langka di Indonesia, pasalnya universitas tersedianya hanya ada satu atau dua saja.

Bagi karyawan yang ingin mengambil kuliah kelas karyawan, saat ini sudah banyak universitas yang menyediakan jenis perkuliahan satu ini. Jurusan yang dipilih sangat beragam, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja atau keinginan.





Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML