Blogger Indonesia

Senin, 13 Mei 2019

Selain Menyiapkan Dana Cepat, Perhatikan 6 Hal Ini sebelum Kredit Mobil Bekas

Selain Menyiapkan Dana Cepat, Perhatikan 6 Hal Ini sebelum Kredit Mobil Bekas

Kebutuhan akan kendaraan pribadi semakin meningkat mengingat banyaknya aktivitas di luar yang harus dikerjakan sehari-hari. Dengan memiliki kendaraan pribadi, maka Anda lebih leluasa untuk pergi kemanapun juga bisa lebih menghemat biaya. Selain motor, mobil pun kini banyak dibutuhkan agar bisa mengangkut penumpang lebih banyak. Tak sedikit masyarakat yang membutuhkan dana cepat untuk membeli mobil dikarenakan kebutuhan akan kendaraan pribadi yang cukup mendesak.
Harga mobil tidaklah semurah motor pada umumnya. Anda biasanya harus mengumpulkan uang berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk membeli mobil. Pada keadaan darurat maupun mendesak, Anda biasanya terpaksa untuk kredit mobil agar prosesnya menjadi lebih cepat, entah itu pada leasing maupun dealer. Tentu saja hal tersebut diperbolehkan selama proses transaksi masih merujuk pada aturan yang berlaku.
Namun, jika Anda merasa bahwa harga mobil baru terlalu mahal, maka Anda bisa mengambil alternatif lain seperti membeli mobil bekas. Pilihlah mobil bekas yang masih memiliki kualitas prima dan layak pakai. Harga dari mobil bekas sudah dipastikan lebih murah daripada mobil baru. Meskipun Anda harus melakukan kredit, namun pembayaran perbulannya cenderung tidak semahal ketika Anda membeli mobil baru.
Apa saja manfaat dari kredit mobil?

Selain Menyiapkan Dana Cepat, Perhatikan 6 Hal Ini sebelum Kredit Mobil Bekas

Bagi Anda yang sedang membutuhkan dana cepat, melakukan kredit pada kendaraan roda empat merupakan salah satu langkah yang bisa diambil. Tentu saja hal tersebut bisa menguntungkan apalagi jika Anda memang sedang membutuhkan kendaraan dalam waktu yang cepat. Beberapa manfaat kredit mobil diantaranya:

1. Menambah perputaran modal

Sebagian orang membeli mobil bekas bukan semata-mata untuk kepentingan pribadi saja, tetapi juga untuk kepentingan bisnis. Melakukan kredit mobil bisa menjadi alternative karena bisa membuat perputaran modal tetap stabil. Dengan melakukan kredit, Anda cukup mengangsurnya tanpa harus membayar harga keseluruhannya. Meskipun begitu, Anda harus tetap menjaga agar pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan usaha Anda agar angsuran tidak menunggak.

2. Adanya keringanan bagi pembeli

Manfaat yang kedua yaitu adanya keringanan bagi pembeli. Mencicil mobil perbulan akan terasa lebih ringan dibandingkan harus membayar sekaligus dengan harga yang fantastis. Bagi Anda yang memiliki penghasilan 5-10 juta perbulan, tentu saja, membeli mobil secara cash akan memakan waktu yang lama karena Anda harus mengumpulkan uang  bertahun-tahun.

3. Lebih cepat memiliki mobil

Jika Anda membutuhkan mobil dalam waktu yang dekat, maka Anda harus mencicil mobil tersebut. Anda bisa melakukan proses kresit tersebut perbulannya dengan nominal tertentu sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

4. Tidak harus menghabiskan uang dalam satu waktu

Jika Anda memutuskan untuk membeli mobil secara cash, maka Anda menghabiskan uang dalam sekejap. Tentu saja hal tersebut cukup membebani kondisi keuangan Anda. Jika Anda memilih untuk kredit, Anda masih bisa mengalokasikan sebagian budget Anda untuk keperluan lainnya. 

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari kredit mobil, alangkah baiknya Anda memperhatikan hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan kredit mobil bekas agar keputusan Anda semakin matang. Berikut adalah ulasannya.
1. Tentukan jenis mobil apa yang akan Anda beli

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas dengan cara kredit, Anda harus memilih jenis mobil apa yang akan Anda pilih. Jika Anda membutuhkan mobil keluarga, maka Anda bisa memilih mobil jenis MPV. Pastikan juga tahun produksinya tidak terlalu lama agar performa mobil masih fresh.
2. Menyiapkan uang muka

Seperti halnya saat akan membeli mobil baru, Anda juga harus menyiapkan uang muka saat akan membeli mobil kredit bekas. Uang muka biasanya berkisar antara 20-30% saja. Namun ada juga pihak showroom maupun perusahaan lainnya yang tidak mewajibkan uang muka. Namun tentu saja cicilannya akan lebih berat. Maka pilihlah cicilan mobil dengan uang muka agar angsuran menjadi lebih ringan.
3. Mengetahui kondisi keuangan

Sebelum memutuskan untuk kredit mobil bekas, ada baiknya Anda mengecek saldo rekening Anda. Jika penghasilan Anda memungkinkan untuk melakukan kredit mobil bekas, maka Anda tidak perlu khawatir. Namun jika ternyata keuangan Anda masih kurang, maka Anda bisa menunda untuk membeli mobil bekas karena jika dipaksakan khawatir pembayaran akan mogok di tengah jalan.
4. Pilihlah perusahaan yang terpercaya

Setelah Anda memutuskan untuk kredit mobil, maka pilihlah perusahaan yang bonafide atau terpercaya. Anda bisa memilih pihak leasing maupun Bank untuk melakukan kredit mobil. Melakukan kredit pada leasing biasanya memakan waktu yang sangat cepat dibandingkan dengan pihak bank. Berbeda dengan pihak bank, pengajuan kredit kendaraan memang terbilang ribet karena harus memenuhi beberapa syarat.
5. Mengecek kondisi mobil dan test drive

Jika Anda sudah tertarik pada salah satu mobil, maka Anda harus mengecek kondisi mobil luar dalamnya. Periksa apakah mesinnya masih dalam keadaan bagus, apakah interiornya terdapat cacat atau tidak, dan lain sebagainya. Selain itu, cek juga surat-surat mobil seperti BPKB dan STNK. Setelah itu, lakukan test drive apakah mobil tersebut layak untuk dibeli atau tidak.

Itulah beberapa tips sebelum membeli kredit mobil bekas. Jika Anda membutuhkan dana cepat untuk melakukan pembelian mobil, Anda bisa langsung menuju CekAja.com atau https://www.cekaja.com/kredit untuk mendapatkan informasi seputar perusahaan fintech yang aman dan terpercaya. CekAja.com akan membantu Anda menemukan layanan penyedia dana cepat secara mudah, aman dan terpercaya karena telah terdaftar di OJK.



Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML